LELANG PROYEK DI LPSE KOTA MOJOKERTO BEBAS KKN

Mojokerto – (Mojokerto News)   Pada tahun 2012 ini, Pemkot Mojokerto sudah bisa melakukan pelelangan melalui LPSE (Layanan Pengadaa Secara Elektronik) yang dimiliki Pemkot Mojokerto.

“Selama ini pengumuman proyek kota Mojokerto ikut di LPSE Kabupaten Jombang. Mulai tahun 2012 ini, semua masyarakat bisa mengakes pengumuman lelang di LPSE yang ada di kota Mojokerto, sehinga setiap proyek yang diumumkan terbuka tanpa ada yang ditutupi,” kata Walikota Mojokerto Ir. H. Abdul Gani Soehartono, MM, Kamis (5/1-2012).

Menurut Walikota, lembaga yang melayani pengadaan barang jasa secara elektronik (LPSE), yang sudah diresmikan pada Rabu (4/1) merupakan merupakan bagian dari reformasi birokrasi, untuk mewujudkan good governance dan untuk menghindari praktek KKN dalam lelang proyek.

Masih katanya, pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-pengadaan) akan meningkatkan transparansi, sehingga persaingan sehat antar pelaku usaha dapat lebih cepat terdorong. Dengan demikian optimalisasi dan efisiensi belanja negara segera dapat diwujudkan.

“Pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-pengadaan) yang diterapkan merupakan sistem pengadaan barang/jasa yang proses pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi, dan sistem aplikasi serta layanan pengadaan elektronik yang disediakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Nasional dari LKPP,” kata Agung Moeljono, Kabag Administrasi Pembangunan Setdakot Mojokerto.

Dengan adanya sistem LPSE sesuai amanat Perpres 54 tahun 2010 ini potensi kolusi dapat ditekan lantaran pejabat lelang dengan kontraktor hanya akan bertemu saat penyerahan dokumen penawaran. Setelah dokumen diserahkan dan diverifikasi kontraktor yang telah memenuhi syarat akan diberikan password untuk mengakses selanjutnya. “Karena dengan LPSE orang akan bertemu dengan sistem bukan orang ketemu orang,” katanya.

Metode pemilihan penyedia barang/jasa secara elektronik yang sudah digunakan saat ini adalah e-lelang umum (e-regular tendering). Metode pemilihan lainnya akan diterapkan secara bertahap sesuai dengan pengembangan sistem dan aplikasi pengadaan elektronik serta kerangka hukum yang menopangnya. (one)

 

Related posts:

This entry was posted in Mojokerto Kota, Terkini. Bookmark the permalink.