KABUPATEN MALANG KEKURANGAN GURU

MOJOKERTO NEWS – MALANG; Di tengah carut marutnya dunia Pendidikan di Kabupaten Malang, jumlah tenaga pengajar dan guru, dirasa masih sangat minim. Dari seluruh guru yang ada, jumlahnya belum bisa menutupi kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru.

ilustrasi foto

Minimnya jumlah guru di ungkapkan Sekretaris (plt) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang, Rofiq mengaku minimnya guru, berpengaruh pada dunia pendidikan di wilayahnya.
“Jumlah tenaga PNS untuk guru masih sangat minim. Jauh dari ideal,” tegasnya.
Rofiq menjelaskan, dari data jumlah guru sampai akhir tahun 2011 lalu, kebutuhan guru kelas untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SLTA dan sederajat, mencapai 7.570. Namun faktanya sampai hari ini, jumlah guru kelas hanya 5.885.
“Bandingkan saja. Kebutuhan guru kelas idealnya 7.570. Tapi saat ini, jumlahnya hanya 5.885 guru,” terangnya.
Ia melanjutkan, kebutuhan guru agama diatas 1.209. Faktanya, guru agama saat ini hanya 981 orang. Untuk guru penjaskes kebutuhannya 1.101. Sejauh ini, jumlah guru penjaskes cuma 421 saja.
Kata Rofiq lagi, jumlah kebutuhan guru lainnya yakni untuk guru mata pelajaran ditingkat SMP, SMA dan SMK mencapai 610. Tapi faktanya, jumlah guru mata pelajaran saat ini hanya 67 orang saja.
“Masih jauh dari ideal. Kami berharap tahun 2013, jumlah kekurangan guru bisa terpenuhi,” ucapnya.
Rofiq menambahkan, beruntung dari kekurangan guru itu, masih ada tenaga Guru Tidak Tetap (GTT). Jumlah GTT yang masih kategori honorer K2 mencapai 2.844.
“Kita berterima kasih pada GTT. Kalau tidak ada tenaga mereka, ya bisa kolaps,” pungkasnya. [sip]

sumber; beritajatim

Related posts:

This entry was posted in Nusantara, Terkini. Bookmark the permalink.