JELANG PILWALI, KETUA KPUD KOTA MOJOKERTO ‘DIGESER’

MOJOKERTO NEWS – MOJOKERTO: Jelang perhelatan akbar, Pemilihan Walikota (Pilwali) Mojokerto 2013 mendatang, dikabar Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Mojokerto justru akan digeser. Dikabarkan, ia dinilai kurang membuat kebijakan terobosan dalam organisasi.
Santer dikabarkan, rencana pergantian Mahardiyanto Sukartika sudah lama diusulkan. Saat ini hanya masih menunggu Surat Keputusan (SK) saja. Tiko (sapaan akrab, red), dikabarkan akan digantikan Ketua Logistik, Organisasi dan Keuangan Pemilu, KPUD Kota Mojokerto, Mohamad Fathoni.
“Proses pergantian ini, hanya sebagai penyegaran saja. Yang jelas kita hanya ingin melakukan penyegaran saja, kemungkinan mas Toni (Mohamad Fathoni, red),” ungkapnya yang tak banyak menampik kabar tersebut, Rabu (26/09/2012) tadi pagi.
Namun, ia membantah jika pergantiannya tersebut muncul karena masalah yang terjadi di pucuk pimpinan tersebut. Menurutnya, pergantian tersebut dinilai wajar karena selain untuk regenerasi bagi anggota lain juga untuk berbagi pengalaman. Pasalnya, pergantian tersebut tidak bertentangan dengan UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu).
“Dalam UU tersebut disebutkan, pergantian Ketua KPU boleh dilakukan asalkan dengan persetujuan anggota lainnya. Ketua KPU setiap tahun ganti juga tidak ada masalah, karena tidak ada larangan untuk melakukan pergantian dengan catatan mendapat persetujuan anggota lain dan pergantian ini sifatnya hanya untuk penyegaran saja,” tegasnya.
Dikabarkan jika, pergantian Ketua KPUD Kota Mojokerto tersebut merupakan “pesanan” dari sejumlah partai politik (parpol). Pasalnya, saat ini merupakan proses verifikasi parpol yang rawan muatan politik. Jika benar, jabatan Ketua KPUD Kota Mojokerto bergeser kali kedua ini.
Pasalnya, sebelumnya Chusnun Amin mengundurkan diri dari Ketua KPUD Kota Mojokerto lantaran akan maju dalam bursa calon walikota (cawali) Mojokerto 2013 mendatang. Jabatan yang ditinggalkan, Chusnun Amin akhirnya digantikan oleh Mahardiyanto Sukartika. (jos)

sumber: beritajatim

Related posts:

This entry was posted in Mojokerto Kota, Terkini. Bookmark the permalink.